Senin, 02 Juli 2012

Permasalahan tentang ekonomi indonesia

--> -->
Tujuh) 7 Faktor Penghambat Sistem Ekonomi Indonesia:

1.   KORUPSI KOLUSI NEPOTISME (KKN)
 kenapa korupsi karena sekarang ini di Indonesia sudah tak anyar lagi dengan korupsi yakni tipikor-tipikor yg mengkudeta uang rakyat sampai trilliunan Rupiah. ini sudah jelas menghambat roda perekonomian Indonesia sekarang ini.[1]

2.   Pendapatan per kapita masyarakat rendah:
Karena semakin banyak orang yg tidak bekerja dan tidak menghasilkan, semakin berat baban orang yang bekerja. Akibatnya pendapatan per kapita masyarakat menjadi rendah shingga akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan dan menghambat pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

3.   Produktivitas tenaga kerja rendah:
Dikarenakan kesempatan kerja yg terbatas menyebabkan orang bersedia bekerja apa saja walaupun tidak sesuai dangan bidangnya. Hal ini pun akan mangakibatkan produktivitas tenaga kerja menjadi rendah sehingga out-put yang dihasilkan sebagai sumber pendapatan nasional ikut menurun dan mempengaruhi pelaksanaan pembangunan ekonomi nasional.

4.   Investasi dan pembentukan modal rendah:
Permintaan masyarakat yang rendah ataupun rendahnya tabungan masyarakat sama-sama akan berdampak pada rendahnya investasi yang dilakukan. Kurangnya permintaan masyarakat akan membuat pengusaha enggan untuk berinvestasi dan rendahnya tabungan masyarakat menyebabkan minimnya dana untuk investasi. Hal ini akan menghambat pelaksanaan pembangunan dan Perekonomian Indonesia.[2]

5.   SDA dan SDM yang tidak dikelola dengan baik:
Sekarang ini di Indonesia SDAnya Setidakya 85% Dikelola oleh orang asing dan masyarakat Indonesia hanya menjadi pekerjanya. Setelah bahan mentah sudah diproses dinegara asing, kita hanya terima jadi tidak tau barang mentah itu bisa menguntungkan lebih dari Negara asing tersebut misalkan kalau ada kecurangan dari Negara asing tersebut.  sekiranya mereka mendapat 80% kita hanya 20%. Belum lagi kita harus terlebih dahulu  mengirim ke pusat dulu lalu barang yang sudah jadi tersebut disebar luaskan ke wilayah Indonesia, tetapi jelas pasti kurang dikarenakan kita hanya mendapat 20% saja. Contoh Fakta tersebut sudah jelas menghambat perekonomian Indonesia.
Indonesia harus mempunyai solusi bahwa SDA kita masih banyak kenapa kita tidak bisa mengolahnya. Sedangkan Indonesia SDM-nya juga banyak, ini harus ditingkatkannya produktivitas pekerja di Indonesia sehingga tidak adanya lagi faktor penghambat laju Perekonomian Indonesia.

6.   Upah pekerja yang rendah:
Dikarenakan Akibat produktivitas tenaga kerja yang rendah maka upah yag didapatkan juga rendah. Hal ini berdampak pada sisi pemintaan dan penawaran.
-->
1.   Pendapatan nasional menurun:
Salah satu komponen pendapatan nasioanal adalah upah. Orang yg bekerja tentu akan mendapatkan balas jasa atau upah. Jadi semakin banyak jumlah penganggur disuatu Negara, semakin banyak orang yg tidak mendapat upah maka pendapatan nasional pun aka menurun. Padahal pendapatan nasional ini digunakan untuk membiayai pembangunan nasional.

Contoh kasus: Para TKI Dinegara Malaysia dan Saudi Arabia sulit sekali mendapatkan upah dikarenakan adanya kesenjangan sosial bisa dibilang terkena masalah dengan majikan dan terlambat di beri upah (Gaji) atau tak sama sekali diberi gaji. Tak kelak pun banyak terjadi TKI terlibat masalah dengan majikan. Karena Gaji para TKI ini diambil beberapa % untuk pajak Nasional kalau masih banyak kasus TKI ini bisa menghambat Sistem Ekonomi Indonesia. Kalau saja Pajak Negara digunakan lebih baik. Para pengangguran[3] di Indonesia bisa dikurangi syukur-syukur tidak ada lagi pengangguran dan Buruh.[5]




[1] Pendidikan Kewerganegaraan SMA/MA/SMK.Kelas XI. Aang Witarsa Rofiq, S.Pd. Keterbukaan dan Keadilan. 2007
[2] Ekonomi SMA Kelas XI.’  Leni Pernama, Sri Nur Mulyani, Agus Mahfudz : Dampak Pengangguran terhadap Pelaksanaan Pembangunan & Ketenagakerjaan dalam Pembangunan Ekonomi.’  2009.






[3] Kompas harian Bisnis dan ekonomi
[5] Media Indonesia 2009,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar